Langsung ke konten utama

Manfaat Futsal

Olahraga futsal yang sekarang sedang digemari ternyata memiliki manfaat yang cukup bagus. Diantara manfaat tersebut sangat berguna sekali untuk mengembangkan skill sepak bola. Adapun manfaat dari permainan futsal adalah :

1. Intelegensi


Sepak bola adalah suatu permainan yang kompleks. Jika kita menganalisis setiap pertandingan dari keseluruhan yang terekam dalam sejarahnya, kita tidak akan menemukan situasi yang identik dengan futsal. Futsal merupakan suatu permainan yang mengalir begitu saja tanpa adanya persiapan khusus. Artinya, seorang pemain harus melakukan improvisasi untuk menghadapi situasi yang bakal berubah dalam pertandingan. Futsal merupakan medium idela untuk mengembangkan inteligensi sepak bola.

2. Keahlian Teknik

Futsal lebih menekankan pada kemampuan (skill) dibandingkan dengan fisik. Bola yang lebih kecil dan ringan menjadi instrumen yang bagus dalam membantu mengembangkan teknik individu. Pemain bisa lebih matang dan melakukan penguasaan bola dibandingkan dengan sepak bola konvensional. Itu memudahkan pemain untuk meningkatkan kecepatan dan kelincahan kedua kaki saat melakukan gerakan dengan atau tanpa bola (foot work) secara matang. Penguasaan bola saat menerima dan mengoper serta perubahan gerkan tubuh akan sangat berguna saat bermain bola di luar lapangan.

3. Total Soccer

Jumlah pemain yang sedikit dalam sebuah tim futsal menjadi sangat krusial bagi seluruh pemain dalam bertahan dan menyerang. Tidak ada pembagian posisi, tapi seluruh pemain saling membantu dan harus memiliki mental serta karakter bertahan dan menyerang. Ini membantu pemain untuk menyesuaikan dengan segala posisi sesuai tuntunan sepakbola modern dan mengatasi berbagai masalah taktik dan strategi permainan. Pemain sadar, mereka tidak boleh santai, tapi harus aktif karena permainan futsal butuh peran aktif dari seluruh pemain.

4. Permainan Cepat


Sepakbola modern memiliki ciri khas yang spesifik lewat permainan cepat. Dalam futsal, karena ruang gerak yang sempit, bola akan bergulir dengan cepat diantara kaki pemain. Ini akan membantu pemain untuk mengembangkan permainan cepat secara individu dan tim. Dengan cara ini, pemain bisa memutuskan teknik dan taktik permainan secara cepat. Dan, tentu akan sangat bermanfaat untuk diterapkan dalam permainan diluar ruangan.

5. Hiburan

Futsal adalah permainan cepat dan exciting, ketika pemain terus bergerak ketimbang menunggu datangnya bola. Dengan kondisi lapangan yang kecil, maka sering gol dalam jumlah banyak yang dicetak dan dihasilkan oleh pemain berbeda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Skuad "The Dream Team" FVJ

I ni adalah skuad FVJ waktu acara pembukaan dan peresmian nama FVJ - Futsal Van Java kemarin (13/04). Skuad FVJ : Atas      : R. Febriansyah, Ryan W. J., Mafrizal H. T., M. C. Iman, M. Wildan A. Bawah : M. A. A. Habibi, Rizky T. D., M. Nurul Alam H., Fajrin G., Arif Nur M. A., M. Syafiq. Pertandingan berlangsung sangat seru, sayangnya teman kami Trisno K. S. sedang cedera dan tidak dapat bermain, jadi dia hanya mengambil gambar ini...                          Ini foto waktu belum siap tapi kameramennya udah keburu jepret-jepret aja.  

We Are Still Alive!

Selamat Hari Raya Idulfitri 1434 H, mohon maaf lahir dan batin... Alhamdulillah, pada Idulfitri tahun ini kami masih bisa berkumpul bersama, persahabatan dan kekompakan kami membuat liburan ini begitu spesial. Nah, dibawah ini saat Idulfitri tahun lalu: Satu hal yang tidak berubah dari tahun ke tahun: Semoga Allah tetap memberikan kita kekuatan untuk menjaga persahabatan ini, semoga Allah juga selalu memberikan rahmat dan hidayah-Nya di setiap langkah kita, selamat berjuang kembali di kota perantauan, sabahat! :)  "a journey of a thousand miles begins with a single step."

Timnas Futsal Indonesia Jadi Raja ASEAN

Timnas futsal Indonesia berhasil menggondol gelar di Kejuaraan AFF 2010 setelah mengalahkan tim Malaysia 5-0 pada grand-final di Stadim Thu Po, Ho Chi Minh City, Minggu (11/4/2010) sore. Ini merupakan kemenangan kedua timnas Indonesia atas Malaysia pada even yang sama. Vennard Hutabarat dkk sebelumnya mencukur tim negeri jiran itu 6-0 pada laga kedua penyisihan grup. Lima gol kemenangan timnas Indonesia atas Malaysia diciptakan oleh Jaelani Ladanibi (9), Vennard Hurabarat (23), Deny handoyo (26), Caca Matulesy (36) dan Haidar (37). Pada AFF Futsal Championship 2010 yang berlangsung sejak 5 April itu timnas Indonesia mencatat rekor tak terkalahkan pada lima pertandingannya . Selain memukul Malaysia dua kali, Vennard Hutabarat dkk menghajar Myanmar 7-4, menyikat Vietnam yang runner-up kejuaraan 2009 dengan skor 2-1, dan terakhir mengalahkan Filipina 4-0 untuk sekaligus menempatkan diri di posisi teratas diantara lima tim peserta. Malaysia memastikan diri menjadi lawan bagi timnas Indones